12 August 2021

Fungsi Perhitungan pada aplikasi Spreadsheet

Ada banyak sekali fungsi pada Aplikasi Spreadsheet (misal: Microsoft Excel, Google Sheets, dll) yang bisa kita gunakan untuk perhitungan di dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan kita.  Di antara sekian banyak fungsi pada Aplikasi Spreadsheet ada beberapa yang sering di gunakan yaitu sebagai berikut:


Operator Matematika

Operator matematika yang digunakan adalah :


Operator matematika yang lain yaitu Persentase (%)

Contoh : 10%


untuk penerapan fungsi berikutnya silahkan perhatikan tabel berikut :

Fungsi Sum

Fungsi Sum digunakan untuk melakukan penjumlahan sekumpulan data pada suatu range.

Bentuk penulisannya : =SUM(number1;number2;…)

Contoh :  menghitung jumlah nilai seluruh peserta

=SUM(C2:C5)


Fungsi Max

Fungsi Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).

Bentuk penulisannya adalah : =MAX(number1;number2;…)

Contoh : mencari nilai tertinggi dari seluruh peserta

=MAX(C2:C5)


Fungsi Min

Fungsi Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range).

Bentuk penulisannya adalah : =MIN(number1;number2;…)

Contoh : mencari nilai terendah dari seluruh peserta

=MIN(C2:C5)


Fungsi Count

Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih.

Bentuk penulisannya adalah : =COUNT(value1;value2;…;)

Contoh : menghitung jumlah peserta

=COUNT(A2:A5)


Fungsi Average

Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata.

Bentuk penulisannya adalah : =AVERAGE(number1;number2;…)

Contoh : mencari nilai rata-rata dari seluruh peserta

=AVERAGE(C2:C5)


Fungsi Sumif

Fungsi Sumif digunakan untuk menghitung nilai pada suatu range dengan kriteria atau kondisi yang telah kita tentukan.

Bentuk penulisannya adalah : 

=SUMIF(range;criteria;sum_range)

Contoh : menghitung jumlah nilai seluruh peserta yang memiliki keterangan "LULUS"

=SUMIF(D2:D5;"LULUS";C2:C5)


Fungsi Countif

Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih dengan kriteria atau kondisi yang telah kita tentukan.

Bentuk penulisannya adalah : =COUNTIF(range;criteria)

Contoh : menghitung jumlah peserta yang memiliki keterangan "LULUS"

=COUNTIF(D2:D5;"LULUS")


Catatan: setiap penulisan rumus harus diawali dengan tanda sama dengan (=) dan setelah siap memasukkan rumusnya harus menekan tombol Enter. Masih banyak fungsi perhitungan yang dapat Anda explorasi seperti Product, Sumsq, Sqrt, Round, dll.

Silahkan mengisi daftar hadir di kolom komentar dengan mengetikkan nama dan kelas

7 comments:

Cara Menghitung Penyusutan (Depresiasi) di Excel

Depresiasi atau penyusutan adalah alokasi yang dibuat secara sistematis untuk mengecilkan atau mengurangi jumlah aset tetap selama masa manf...